Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

February 12, 2019

Buku PJOK K13 Kelas 1 SD/MI Tema 1 s/d 5

Buku Kurikulum 2013 PJOK



Menjadi hal baru ketika Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan belajar saintifik berdasarkan nilai-nilai budaya bangsa. Pada Kurikulum 2013 yang terbaru sudah tidak lagi menggunakan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 telah menyusun Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Inti tersebut merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang peserta didik melalui pembelajaran Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dan pembelajaran integratif dan pendekatan saintifik. Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan dalam Kompetensi Dasar.

Buku Kurikulum 2013 PJOK memberikan acuan atau pedoman bagi guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD/MI kelas I (satu). Dalam buku ada bagian penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu kegiatan pembelajaran, penilaian, pengayaan dan remedial, serta interaksi guru dengan orang tua peserta didik.

Muatan Buku PJOK K13 Kelas 1 SD/MI

Buku PJOK K13 Kelas 1Buku PJOK K13 Kelas 1 SD/MI Tema 1 s/d 5 memuat 5 tema dalam semester I (satu) yaitu Gerak Dasar (unduh Buku Tema 1), Sikap Tubuh (unduh Buku Tema 2), Gerak Keseimbangan (unduh Buku Tema 3), Gerak Berirama (unduh Buku Tema 4dan Budaya Hidup Sehat (unduh Buku Tema 5)Penyempurnaan kurikulum ini menjadi lebih baik. Implikasinya, produk-produk pembelajaran juga direvisi sehingga para guru perlu mendapatkan produk-produk kurikulum tersebut agar sejalan dengan tujuan kurikulum dalam pembelajaran di kelas.

Dengan pemahaman seperti itu, memungkinkan seorang guru dapat berupaya memberikan inspirasi kepada peserta didik dengan gagasan-gagasan yang menantang dan menyenangkan yang dikemas dalam pembelajaran PJOK yang interaktif. Dengan demikian, peserta didik dapat menciptakan atau menemukan konsep-konsep yang sebelumnya telah ditemukan para pendahulunya secara kreatif. Dengan adanya ruang gerak untuk proses penemuan bagi peserta didik, memungkinkan peserta didik memiliki prakarsa dan kreativitas.


Ada tujuh prinsip pembelajaran di mana guru dapat mengorkestrakan kurikulum, membelajarkan, dan melakukan penilaian secara efektif, antara lain 
  1. Belajar dengan pemahaman terfasilitasi ketika pengetahuan dikaitkan dengan dan disusun melingkupi konsep utama dan prinsip-prinsip dari sebuah disiplin. 
  2. Pengetahuan awal peserta didik merupakan titik tolak untuk terjadinya pembelajaran yang efektif. 
  3. Belajar metacognitive (memonitor diri sendiri/self regulated learning) untuk peningkatan prestasi. 
  4. Pengenalan tentang keragaman kemampuan peserta didik penting untuk antisipasi dalam proses belajar dan pembelajaran yang efektif. 
  5. Keyakinan peserta didik tentang kemampuan belajar memengaruhi kesuksesan pembelajaran peserta didik. 
  6. Kegiatan dan latihan praktis di mana orang terlibat selama proses pembelajaran membentuk apa yang peserta didik pelajari. 
  7. Interaksi sosial yang didukung dengan cara memperkuat kemampuan peserta didik belajar dengan pemahaman.


Media pembelajaran PJOK K13 Kelas 1 SD/MI 

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang dapat digunakan untuk memudahkan proses belajar mengajar di sekolah. Dengan adanya media pembelajaran, proses belajar mengajar dapat terbantukan dengan baik. Dengan harapan, peserta didik dapat dengan mudah memahami konsep pjok yang dipelajari. Media pembelajaran yang digunakan tersebut dapat berupa gambar atau alat peraga pembelajaran yang digunakan pada saat menjelaskan atau memahami suatu materi tertentu. Alat bantu ini akan sangat bermanfaat bagi peserta didik untuk mengembangkan daya imajinasinya. Oleh karena itu, penting rasanya bagi seorang guru atau pendidik lain untuk menyediakan media pembelajaran di setiap pertemuan.

Share:

2 comments:

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Kabar Terkini

14 Materi Diklat Penguatan Kepala Sekolah 2019

Contact Form

Name

Email *

Message *

hosting indonesia