Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

February 11, 2019

Pedoman Kerja Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan Secara Umum

perpustakaan adalah tempat untuk mengembangkan informasi dan pengetahuan yang dikelola oleh suatu lembaga pendidikan, sekaligus sebagai sarana edukatif untuk membantu memperlancar cakrawala pendidik dan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar.

Secara lebih konkrit perpustakaan dapat dirumuskan sebagai suatu unit kerja dari sebuah lembaga pendidikan yang berupa tempat penyimpanan koleksi buku-buku pustaka untuk menunjang proses pendidikan. Perpustakaan sekolah berada di sekolah, dikelola sekolah, dan berfungsi untuk sarana kegiatan belajar mengajar, penelitian sederhana, menyediakan bahan bacaan, dan tempat rekreasi.



Secara umum Tujuan Perpustakaan yang dapat Admin simpulkan adalah sebagaimana berikut:
  1. Menumbuhkembangkan minat baca dan tulis.
    Para siswa dan guru dapat memanfaatkan waktu luang untuk mendapat informasi di perpustakaan. Kebisaan ini mampu menumbuhkan minat baca mereka yang pada akhirnya dapat menimbulkan minat tulis. Minat baca tulis ini dapat di kembangkan melalui Literasi Baca Tulis pada era sekarang ini.
  2. Mengenalkan teknologi informasi.
    Perkembangan teknologi informasi harus terus diikuti pelajar dan pengajar. Untuk itu perlu proses pengenalan dan penerapan teknologi informasi dari perpustakaan.
    Simak Literasi Digital.
  3. Membiasakan akses informasi secara mandiri.
    Pelajar perlu didorong dan diarahkan untuk memiliki rasa percaya diri dan mandiri untuk mengakses informasi. Hanya orang yang percaya diri dan mandirilah yang mampu mencapai kemajuan .
  4. Memupuk bakat dan minat.
    Bacaan, tayangan gambar, dan musik di perpustakaan mampu menumbuhkan bakat dan minat seseorang. Fakta dan sejarah membuktikan bahwa keberhasilan seseorang itu tidak ditentukan oleh NEM yang tinggi melainkan melalui pengembangan bakat dan minat.

Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan sekolah/madrasah adalah perpustakaan yang berada pada satuan pendidikan formal di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang merupakan bagian integral dai sekolah/madrasah yang bersangkutan dan merup[akan pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional.

Perpustakaan merupakan sumber belajar yang memungkinkan pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik memperoleh kesempatan untuk memperluar dan memerdalam pengetahuan dengan membaca bahan perpustakaan yang ada di perpustakaan sekolah atau madrasah.

Pedoman Kerja Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan SekolahDengan adanya Buku Panduan Kerja Tenaga Perpustakaan (unduh buku) yang dapat dijadikan Pedoman Kerja Perpustakaan Sekolah, oleh karena itu perlunya perpustakaan perlu dikelola oleh tenaga perpustakaan yang memiliki kompetensi yang dipersyaratkan untuk dapat mengoptimalkan fungsi perpustakaan sekolah atau madrasah sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

Sasaran Buku Panduan Kerja Tenaga Perpustakaan

Sasaran pengguna Buku Panduan Kerja Tenaga Perpustakaan Sekolah atau Madrasah adalah sebagai berikut:
  1. Tenaga perpustakaan sekolah atau madrasah.
  2. Kepala sekolah atau madrasah.
  3. Pengawas sekolah atau madrasah.
  4. Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota.
  5. Para pemangku kepentingan pendidikan lainnya yang bertugas melakukan pembinaan kepada tenaga perpustakaan.
Simak secara lengkap Buku Panduan Kerja Tenaga Perpustakaan sebagai Pedoman Kerja Perpustakaan Sekolah dengan mengunduh buku tersebut.

*) Semoga bermanfaat.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Kabar Terkini

Aplikasi Dapodikdasmen V 2020 Siap Rilis Awal Agustus 2019

Contact Form

Name

Email *

Message *

hosting indonesia