Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

March 2, 2019

Skema P4 Kegiatan PPDB SD 2019

GuruLiterasi.COM - Tinggal beberapa bulan lagi pada pertengahan tahun 2019, sudah tentu kegiatan rutin akan segera dilaksanakan oleh setiap lembaga di tiap-tiap jenjang pendidikan, yakni Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang akan segera dilaksanakan oleh masing-masing sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah.

Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018

Sebagai bahan rujukan, dengan terbitnya Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 tentang penerimaan peserta didik baru pada taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah umum dan sekolah menengah kejuruan, sudah tentu masing-masing sekolah akan melakukan Persiapan PPDB 2019 sebagai bentuk berakhirnya tahun ajaran 2018/2019 dan sebagai persiapan awal tahun ajaran baru 2019/2020.

Perlu kita ketahui bersama bahwa PPDB dilakukan berdasarkan: a). Nondiskriminatif; b). Objektif; c). Transparan; e). Akuntabel; dan f). Berkeadilan. Untuk kegiatan PPDB didasarkan pada diskriminatif dikecualikan bagi sekolah yang secara khusus melayani peserta didik dari kelompok gender atau agama tertentu.

Sebagaimana rujukan diatas sebelumnya pada permendikbud nomor 51 tahun 2018, maka Admin akan membuat skema atau alur PPDB yang dapat dijadikan bahan rujukan dalam sistem penataan tata administrasi lembaga yang mungkin bisa dijadikan bahan referensi pelaksanaan penerimaan peserta didik baru, yaitu dengan menggunakan Skema P4 Kegiatan PPDB SD 2019.

Bagaimana penataan administrasi PPDB yang dapat dijadikan bahan referensi?

Simak selengkapnya yang akan Admin sampaikan dan semoga dapat dijadikan sarana informasi yang mendukung dalam pelaksanan sistem penataan administrasi di sekolah.

Skema P4 Kegiatan PPDB SD 2019
(Perencanaan, Persiapan, Pelaksanaan, Pelaporan)

Perencanaan
Skema P4 Kegiatan PPDB SD 2019Sebelum melaksanakan proses serangkaian kegiatan PPDB, sudah tentu masing-masing lembaga akan melakukan perencanaan. Perencanaan yang paling utama adalah melaksanakan rapat kegiatan sebagai bentuk awal mekanisme kegiatan.
Serangkaian perencanaan meliputi:
  1. Undangan rapat.
  2. Berita acara rapat.
  3. Daftar hadir rapat.
  4. Notulen rapat.
  5. Keputusan rapat (SK PPDB Sekolah).
  6. Daftar Hadir Piket PPDB.
Persiapan
Sekolah dalam mempersiapkan PPDB maka sudah tentu akan memasang spanduk berupa Banner yang dipampangkan di depan sekolah, biasanya memuat tanggal mulai dan selesai PPDB tersebut.
Persiapan formulir PPDB dengan memperbanyak Format S-1.

Pelaksanaan
Selama kegiatan penerimaan peserta didik berlangsung, guru atau tim PPDB memberikan arahan kepada wali murid tentang persiapan yang nantinya akan dan kapan dilaksanakan serta pembagian jadwal kegiatan pengenalan lingkungan sekolah.

Pelaporan
Dalam tahap ini, segala ketentuan biaya baik mulai awal hingga akhir kegiatan PPDB maupun PLSBSB dianggarkan pada beban anggaran yang sesuai dengan ketentuan juknis.


Unduh Berkas Administrasi PPDB

Berikut berkas-berkas administrasi yang mungkin dapat di unduh dan dijadikan bahan referensi dalam mempersiapkan segala bentuk administrasi dalam kegiatan PPDB.
  1. Cover PPDB.
  2. Undangan Rapat PPDB dan PLS.
  3. Berita Acara Rapat PPDB dan PLS.
  4. Daftar Hadir Rapat PPDB dan PLS.
  5. Notulen Rapat PPDB dan PLS.
  6. SK TIM PPDB.
  7. Daftar Hadir Piket PPDB.
  8. Berita Acara Penerimaan PPDB.
  9. Format S-1 Formulir PPDB.
  10. Format S-2 Daftar Calon Siswa Baru Kelas 1.
  11. Format S-3 Daftar Calon Siswa Baru.
  12. Format S-6 Jumlah Siswa Menurut Kelas.
  13. Format S-7 Jumlah Siswa Menurut Usia.
  14. SK dan Rencana Kegiatan PLS.
  15. Laporan Kegiatan PPDB dan PLS.
Berikut bahan referensi yang dapat dilihat melalui pdf.

Semoga bermanfaat.

Share:

2 comments:

  1. Makasih pak...
    Formnya lengkap dan pas buat PPDB 2019-2020

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak. Silahkan di tulis ulang di blog sekolah atau blog pribadi jika bermanfaat atau siapa tahu bisa jadi arsip pribadi.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Kabar Terkini

Aplikasi Dapodikdasmen V 2020 Siap Rilis Awal Agustus 2019

Contact Form

Name

Email *

Message *

hosting indonesia