Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

April 25, 2019

3 Lomba Pendidikan Keluarga dari Kemendikbud Tahun 2019

Pentingnya peran keluarga dalam masyarakat mempunyai peran yang sangat sentral dalam mengembangkan budaya literasi utamanya gerakan literasi keluarga. Gerakan Literasi Keluarga menjadi tanggungjawab bersama dalam mengembangkan budaya literasi sejak dini.

Gerakan Literasi Nasional yang digiatkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan bentuk upaya untuk memperkuat gerakan literasi dengan melibatkan elemen yang ada utamanya sekolah, keluarga, dan masyarakat.

Pada kegiatan kali ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga menggelar sebuah lomba sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh keluarga Indonesia dimana berada untuk membangun sebuah ekosistem antara keluarga dengan dunia pendidikan dan keluarga dengan masyarakat.

Gerakan literasi tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab semua pemangku kepentingan termasuk dunia usaha, perguruan tinggi, organisasi sosial, pegiat literasi, orang tua, dan masyarakat. Pelibatan publik dalam setiap kegiatan literasi menjadi sangat penting untuk memastikan dampak positif dari gerakan peningkatan daya saing bangsa.


3 Lomba Pendidikan Keluarga dari Kemendikbud

Sebagai bentuk upaya pelibatan publik dan keluarga maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga mengadakan lomba, terdapat 3 (tiga) lomba yang digelar, antara lain:
  1. Lomba Jurnalistik
    Kegiatan Lomba Jurnalistik bertema “Peran Keluarga dan Masyarakat dalam Menumbuhkan Budaya Literasi”. Dalam kegiatan lomba ini total hadiah sebesar Rp. 107.000.000,- yang terbagi dalam 2 (dua) kategori, yakni kategori feature dan kategori opini. Bentuk kegiatan ini diharapkan dapat mendorong para jurnalis dan masyarakat umum untuk menulis dan literarsi keluarga menjadi bagian penting dalam kemajuan pendidikan. 
    (Baca selengkapnya untuk panduan dan ketentuan lomba).
  2. Lomba Vlog
    Kegiatan Lomba Vlog bertema “Kreativitas Literasi Keluarga di Era Melenial” Besaran untuk total hadiah yang diberikan sebesar Rp. 52.000.000,- Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong para vlogger untuk membuat vlog literasi keluarga menjadi bagian penting dalam kemajuan perkembangan literasi anak. 
    (Baca selengkapnya untuk panduan dan ketentuan lomba).
  3. Lomba Blog
    Kegiatan Lomba Penulisan Blog Tahun 2019 bertema “Peran Keluarga dan Masyarakat dalam Menumbuhkan Budaya Literasi”. Kegiatan bernilai total hadiah Rp. 46.000.000,- dan diharapkan pada kegiatan lomba dapat mendorong masyarakat untuk berkarya melalui tulisan dan menyebarluaskan informasi dan edukasi tentang pelibatan keluarga dan masyarakat. Sehingga berikutnya akan tercipta suasana yang dapat meningkatkan budaya literasi dalam pendidikan anak pada masa kini. (Baca selengkapnya untuk panduan dan ketentuan lomba).
Dampak yang diharapkan akan ekosistem ini dapat memberikan tekanan yang lebih kepada seluruh keluarga dalam membangun sebuah karakter keluarga sebagai pelaku utama pelibatan pendidikan di sekolah maupun di masyarakat. 

Share:

1 comments:

  1. Tulisan ini sangat bermanfaat untuk memberi informasi yang positif untuk pengembangan diri sebagai guru yang ingin berkarya lewat tulisan

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Contact Form

Name

Email *

Message *

hosting indonesia