Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

April 25, 2019

Seleksi Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil Mengajar di Luar Negeri

Seleksi Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil Mengajar di Luar Negeri

Saat ini, di tahun 2019 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka seleksi bersama penerimaan guru dan tenaga kependidikan untuk mengajar di luar negeri. Kesempatan ini di buka dalam rangka memenuhi kebutuhan guru selaku pendidik dan tenaga kependidikan yang nantinya akan di kirim ke luar negeri jika peserta GBPNS (Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil) dinyatakan telak lolos seleksi.

Roadmap Jadwal Kegiatan
Kegiatan seleksi Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil untuk mengajar di Luar Negeri yang pengumuman resminya sudah di gelar sejak tanggal 18 April 2019 oleh Kemendikbud dengan waktu pendaftaran mulai dilaksanakan sejak pembukaan yakni dari 18 April sampai dengan 8 Mei 2019, untuk proses pendaftaran bagi peserta yang hendak ikut akan dilaksanakan secara online atau dari (dalam jejaring) dan bagi yang lolos seleksi tahap administrasi tersebut akan di umumkan tanggal 14 Mei 2019 dan tahap pelaksanaan seleksi akan dilaksanakan secara bertahap mulai tanggal 21 sampai dengan 24 Mei 2019 dan pengumuman seleksi bagi peserta yang dinyatakan lolos akan di umumkan pada bulan Juni 2019.

Formasi dan Kuota
Sejumlah 19 formasi yang digelar dalam proses seleksi terkait lowongan formasi mengajar untuk Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN), sesuai dengan kebutuhan yang ada dari 19 formasi tersebut antara lain:

  1. Guru Bahasa Indonesia.
  2. Guru Bahasa Inggris.
  3. Guru Bimbingan dan Konseling.
  4. Guru Kelas.
  5. Guru IPA Biologi.
  6. Guru IPA Fisika.
  7. Guru IPA Kimia.
  8. Guru IPS.
  9. Guru IPS Ekonomi.
  10. Guru IPS Geografi.
  11. Guru Matematika.
  12. Guru Pendidikan Agama Islam.
  13. Guru Pendidikan Agama Kristen.
  14. Guru Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Olahraga.
  15. Guru Perhotelan.
  16. Guru Pendidikan Kewarganegaraan.
  17. Guru Seni Budaya.
  18. Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  19. Tenaga Kependidikan.
Dari 19 formasi yang ada, terdapat 40 kuota bagi calon peserta yang di peruntukkan mengisi lowongan tersebut. Terdapat persyaratan yang di khususkan utamanya untuk Guru dan Tenaga Kependidikan.

Persyaratan Khusus
Persayaran khusus ini diperuntukkan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan yang diperinci sebagai berikut:
1. Guru

  1. Berstatus sebagai Guru bukan Pegawai Negeri Sipil (GBPNS).
  2. Berijazah minimal S-1 sesuai bidang yang dibutuhkan dengan minimal iPK 2.75
  3. Memiiiki Sertifikat Profesi Pendidik yang linear dengan jabatan yang dilamar
  4. Memiiiki kecakapan daiam berbahasa inggris dibuktikan dengan sertifikat TOEFL Prediction Score minimal 450 atau lELTS 5.0
  5. Diutamakan memiiiki pengaiaman mengajar sesuai bidang yang diampu minimal 2 (dua) tahun.
  6. Diutamakan memiiiki sertifikat/penghargaan tingkat nasionai sebagai keterampilan tambahan selain mengajar, seperti: Oiahraga, Pramuka, Seni Budaya, Keagamaan, Prakarya, Teknologi Informasi Komunikasi (ICT), Akuntansi/Keuangan dll.
  7. Bagi pelamar Guru di Sekoiah Indonesia Tokyo dan Davao diutamakan laki-laki, dan khusus pelamar Sekoiah Indonesia Tokyo diutamakan memiiiki kemampuan mengemudi kendaraan roda empat dan dibuktikan dengan melampirkan fotokopi SIM A.
2. Tenaga Kependidikan
  1. Berstatus bukan Pegawai Negeri SIpil.
  2. Berijazah minimal S-1 sesuai bidang yang dibutuhkan dengan minimal IPK 2.75
  3. Memiiiki kecakapan dalam berbahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat TOEFL Prediction Score minimal 450 atau lELTS 5.0.
  4. Memiiiki pengaiaman bekerja minimal 3 (tiga) tahun pada bidang tata usaha/administrasi perkantoran serta memahami pengeloiaan keuangan dan apiikasi dapodik dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepaia Sekoiah/Ketua Yayasan.
Persyaratan Umum
  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia maksima! saat mendaftar 40 tahun
  3. Sehat jasmani, rohani dan bebas NARKOBA
  4. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap
  5. Diutamakan memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
  6. Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta serta tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi pemerintah.
Proses Pendaftaran
Proses kegiatan untuk tahap pendaftaran akan dilaksanakan secara online dengan sistem Daring (dalam jejaring) mulai tanggal 18 April sampai dengan 8 Mei 2019 dengan waktu mulai pukul 12.00 WIB.

Berikut Proses Pendaftaran atau Pengumuman yang dapat di unduh, sehingga calon peserta dapat mengetahui secara jelas tentang Seleksi Bersama Penerimaan Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) Tahun 2019

Share:

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Kabar Terkini

7 Orang Pertama Masuk Islam

Contact Form

Name

Email *

Message *

hosting indonesia