Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

May 20, 2019

7 Orang Pertama Masuk Islam

Pada masa itu, Nabi Muhammad dilahirkan di tengah-tengah masyarakat yang terbelakang dan kehidupan disana senang dengan kekerasan, pertempuran dan menyembah berhala. Beliau sering menyendiri ke Gua Hira', sebuah gua bukit yang letaknya di dekat Mekkah, karena bertentangan sikap dengan kebudayaan Arab pada zaman tersebut akhirnya tempat tersebut kemudian dikenal sebagai Jabal An Nur.

Di Gua Hira' inilah beliau sering berpikir dengan mendalam, memohon kepada Allah supaya memusnahkan kekafiran dan kebodohan. Hingga pada suatu malam Nabi Muhammad sedang bertafakur di tempat tersebut lalu datanglah Malaikat Jibril dan menyampaikan wahyu Allah di telinganya. Beliau diminta membaca oleh Jibril dan beliau menjawab, "Saya tidak bisa membaca". Hingga akhirnya Jibril mengulangi tiga kali meminta agar Nabi Muhammad membaca, namun jawaban Nabi Muhammad tetaplah sama.

Al Alaq: 1-5 adalah wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril. Ketika itu Nabi Muhammad berusia 40 tahun dan dalam jangka waktu 23 tahun, wahyu-wahyu turun secara berangsur-angsur dan diturunkan menurut urutan yang diberikan oleh Nabi Muhammad dan dikumpulkan dalam sebuah kitab yang diberi nama Al-Mushaf atau juga disebut dengan Al-Quran yang berarti bacaan.

Dengan turunnya Surat Al-Muddatsir: 1-7. Nabi Muhammad melakukan dakwah secara siriyyah atau sembunyi-sembunyi selama kurun waktu 3 (tiga) tahun. Dakwah tersebut dilakukan secara sembunyi-sembunyi di lingkungan keluarga, sahabat, pengasuh dan bahkan budak.

7 Orang Pertama Masuk Islam

7 Orang Pertama Masuk Islam
Sebutan Al-Sabiqun Al-Awwalun atau As-Sabiqun Al-Awwalun adalah sebutan bagi orang-orang terdahulu yang pertama kali masuk Islam. Al-Sabiqun atau As-Sabiqun mempunyai arti "Orang yang mendahului" dan Al-Awwalun artinya "Orang yang pertama". Berikut adalah 7 orang yang pertama masuk Islam.
  1. Khadijah Binti Khuwalid.
    Ialah istri dan orang pertama yang menyambut dakwah Nabi Muhammad dan menjadi muslimin pertama yang masuk Islam.
  2. Ali Bin Abi Thalib.
    Seorang laki-laki pertama yang juga merupkan saudara sepupu berusia 10 tahun yang menjadi muslim pertama.
  3. Abu Bakar.
    Abu Bakar adalah sahabat karib Nabi Muhammad sejak masa kanak-kanak. Lelaki kedua yang masuk Islam.
  4. Zaid Bin Haritsah.
    Seorang laki-laki bekas budak yang telah menjadi anak angkat.
  5. Utsman Bin Affan.
  6. Zubair
  7. Sa'ad Bin Abi Waqash
Selain sumber yang admin baca (wikipedia : Pemeluk Islam Pertama) admin juga menyimak informasi lainnya terkait Nama-nama Assbiqunal Awwalun (Golongan Pertama yang Masuk Islam).

Semoga, dengan adanya kajian ini dapat memberikan sedikit informasi kepada pembaca maupun Admin pribadi, dan sebagai umat Nabi Muhammad, kita semua mendapat syafaat dari Beliau. Aamiin.

Share:
Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Kabar Terkini

Download Buku Tes CPNS dan Pembahasan Tahun 2019

Contact Form

Name

Email *

Message *

hosting indonesia