Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

May 2, 2019

Karanggeneng Ber-HARDIKNAS, BPMTPK Berbudaya

Pagi ini, serentak di seluruh pelosok dan penjuru negeri di wilayah Indonesia melaksanakan Upacara Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2019. Sebagaimana kita ketahui bersama, tanggal 2 Mei diambil dari hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara. Beliau merupakan salah satu tokoh pahlawan nasional sekaligus Bapak Pendidikan Nasional.

Pelaksanaan kegiatan Upacara Hardiknas di tahun 2019 tak hanya di laksanakan di lingkup instansi pemerintahan tapi di sekolah-sekolah juga melaksanakan kegiatan Upacara Hardiknas ini. Sebagaimana tajuk tema Hardiknas tahun ini adalah "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan".

Karanggeneng Ber-HARDIKNAS, BPMTPK Berbudaya
Hardiknas, 2 Mei 2019
Kecamatan Karanggeneng

Seperti yang dilakukan oleh HIMPAUDI Karanggeneng dalam acara pembuka Pra Kegiatan Upacara dengan melakukan tarian yang terinspirasi dari Gerakan 1821 dan  Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) makin menambah maraknya persiapan Upacara Hardiknas 2019. Tepat pukul 08.00 upacara Hari Pendidikan Nasional dimulai. Upacara yang di gelar di halaman Kecamatan Karanggeneng beserta seluruh Ka UPT beserta staf, Korwil Bidang Pendidikan beserta staf, Kepala Desa dan Perangkat Desa, Kepala PPAI beserta Kepala Sekolah di bawah naungan, Kepala SMP beserta Guru, Kepala Sekolah Dasar beserta seuruh Guru, Muspika, dan Siswa-siswi Sekolah Dasar perwakilan lembaga yang ditunjuk.

Seragam yang dipakai, sesuai dengan isi surat undangan, seragam Korpri lengkap untuk Kepala UPT/Dinas/Staf dan Kepala Desa/Perangkat Desa, seragam PGRI untuk Kepala Sekolah SD/MI beserta guru, seragam pramuka untuk siswa atau siswi SMP dan seragam merah putih untuk jenjang SD.

Tak ayal, sedikit banyak siswa-siswi SD Negeri Karanggeneng yang lemas, namun dengan kesigapan TIM Kesehatan Puskesmas Karanggeneng semuanya bisa di atasi tanpa ada halangan.

Teriknya matahari menambah semangat upacara pagi ini, terlihat nampak jelas dengan hidmatnya seluruh peserta ketika Camat Karanggeneng selaku Pembina Upacara membacakan isi Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan secara runtut dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2019. Dari sini nampak jelas jika Karanggeneng Ber-Hardiknas.

Simak : Pidato Mendikbud : Hardiknas, 2 Mei 2019

Lantas bagaimana penyelenggaraan Upacara Hardiknas di tempat lain?

Sepintas, Admin melihat kegiatan Upacara Hardiknas yang diselenggarakan oleh BPMTPK (Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) di wilayah Jawa Timur yang bertempat di Sidoarjo melalui laman facebook-nya.

Karanggeneng Ber-HARDIKNAS, BPMTPK Berbudaya
Hardiknas, 2 Mei 2019
BPMTPK Sidoarjo
Terlihat nampak dan nampak begitu jelas, baju yang dipakai. Inilah pendidikan, inilah budaya. Meski kemajuan zaman yang semakin maju dan kompetitif di era 4.0, akan tetapi budaya tetap di bawa seiring dengan masanya.

Selaku Admin dan peserta upacara hari ini merasa iri dibuatnya, meski dengan majunya teknologi tetapi ranah pendidikan dari unsur perwujudan budaya tetap dibawa sebagai penghantar jika budaya dan adat istiadat di Indonesia ini sangat beragam.

Tak pelak, sepintas dalam dalam benak pikiran kita masing-masing melihat baju adat yang dipakai seperti gambar diatas mengarahkan pikiran kita ke tempat dan asal budaya itu berada. Inilah bentuk BPMPTK berbudaya dalam "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan" seperti tajuk tema Hardiknas 2 Mei 2019.

Selamat Hari Pendidikan Nasional, sebagai pendidik, mari kita bekali generasi-generasi yang tangguh yang tidak meninggalkan adab, adat dan budaya seiring kemajuan zaman dan mari kita bangun sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif di era Revolusi Industri 4.0.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Kabar Terkini

Aplikasi Dapodikdasmen V 2020 Siap Rilis Awal Agustus 2019

Contact Form

Name

Email *

Message *

hosting indonesia