Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

May 1, 2019

Pidato Mendikbud : Hardiknas, 2 Mei 2019

Sebagai bahan dan isi amanat tentang Upacara Hari Pendidikan Nasional yang bertema "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan", merupakan Pidato Mendikbud yang akan di bacakan oleh Pembina Upacara di kegiatan besok.

Upacara serentak ini dalam rangka menguatkan pendidikan dalam rangka menerjemahkan kebijakan pemerintah di sektor pendidikan, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memberikan perhatian khusus untuk pendidikan di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal sebagai upaya dalam memajukan pendidikan.

Perhatian khusus ini sebagai upaya Kemendikbud dalam memeratakan pendidikan pada pendidikan anak-anak di Indonesia yang berada di luar batas negara seperti anak-anak keturunan Indonesia yang berada di Sabah dan Serawak bagian Malaysia dan umumnya pendidikan di seluruh wilayah Indonesia.

Saat ini sektor pendidikan telah menemukan urgensinya di tengah-tengah pembangunan infrastruktur dan pembangunan sumber daya manusia. Majunya era dan hadirnya Revolusi Industri 4.0 telah mempengaruhi cara hidup, bekerja, dan belajar. Hal ini dapat di lihat dari perkembangan teknologi yang semakin canggih, sehingga secara langsung dapat mempengaruhi cara berpikir dan berperilaku serta sikap dan karakter peserta didik. Majunya teknologi dan pesatnya kemajuan zaman harus di imbangi dengan penanaman karakter dan jati diri sejak dini kepada seluruh peserta didik sehingga dapat menjadikan pondasi jati diri bangsa di tengah perubahan global yang semakin cepat.


Dominasi generasi saat ini adalah Generasi Z, yaitu generasi yang berkembang setelah Generasi Y yang didefinisikan sebagai orang-orang yang lahir dalam rentang tahun kelahiran antara 1995 sampai dengan 2010. Generasi Z lahir di era digital dan pesatnya teknologi sehingga generasi ini lebih mudah dan cepat menyerap teknologi, tinggal bagaimana pendidik dan sekolah dapat memanfaatkan untuk menerapkan pendidikan berbasisi teknologi digital dengan sentuhan nilai budaya dan karakter melalui tri pusat pendidikan baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.


Pidato Mendikbud : Hardiknas, 2 Mei 2019
Pidato Mendikbud : Hardiknas, 2 Mei 2019

Melalui Pidato Mendikbud dalam memperingati Hari Upacara Pendidikan tanggal 2 Mei 2019 yang bertajuk tema "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan" merupakan cerminan dari pesan Ki Hajar Dewantara terkait hubungan pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas demi terwjudnya Indonesia yang berkemajuan.

Dengan disyahkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan diharapkan tri pusat pendidikan dapat mengambil peran sebagai bentuk implementasi dalam meningkatkan ketahanan budaya serta teknologi yang semakin berkemajuan sehingga peran ketiganya dapat selaras di tengah peradaban yang semakin canggih.

Dalam Pidato Mendikbud, Mendikbud sendiri tidak menutup mata terkait keterbatasan proses pembangunan pendidikan dan kebudayaan di tanah air, kompleksitas pembangunan, masalah guru serta anggaran pendidikan. Mendikbud juga mencatat jika anggaran pendidikan yang sebanyak 63% dikelola oleh daerah. Peran daerah dalam memanfaatkan dana APBN yang menjamin anggaran pendidikan minimal 20% baik melalui Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK) menjadi prioritas utama masing-masing daerah sehingga dibutuhkan peran pemerintah daerah serta segenap pemangku kepentingan untuk lebih aktif dan proaktif dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan dan kebudayaan.

"Marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif". Harapan besar dalam isi Pidato Mendikbud (Muhadjir Effendy) dalam momentum Hari Pendidikan Nasional.(*)

Simak Pidato Mendikbud : Hardiknas, 2 Mei 2019
"Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan"


Share:

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Kabar Terkini

Aplikasi Dapodikdasmen V 2020 Siap Rilis Awal Agustus 2019

Contact Form

Name

Email *

Message *

hosting indonesia