Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

June 8, 2019

Menanamkan Karakter Anak Melalui 4 Sifat Rasulullah

Bersyukur bagi keluarga yang lengkap, ada Ayah dan Ibu serta diberkahi dengan kehidupan yang serba kecukupan. Menanamkan karakter anak sejak dini dengan bentuk rasa syukur patut kita tanamkan kepada anak-anak kita ketika melihat keluarga samping kanan kiri atau yang seumuran mereka dalam tanda kutip "kekurangan atau pas pasan" melihat yang berlebih pun juga harus memberikan pelajaran untuk tidak bersikap sombong, takabur atau iri hati.

Tutur kata yang santun dan lembut ketika menyampaikan kepada anak merupakan langkah yang tepat dalam menanamkan akhlak karakter anak sejak usia dini.

Hal-hal tersebut perlu ditanamkan kepada anak sejak usia dini dan dibutuhkan sebuah peran dalam menanamkan akhlak tersebut, baik ketika anak di rumah yang paling berperan adalah orang tua, ketika anak di sekolah adalah seorang guru, dan faktor pendukung yang lain adalah lingkungan dalam menanamkan karakter anak.

Menanamkan Karakter Anak

Dalam menamkan karakter anak baik di rumah, sekolah maupun di lingkungan sekitar, orang tua atau guru dapat menyikapi dengan memberikan arahan, bimbingan dan menanamkan karakter kepada anak-anak melalui tauladan Rasulullah yang sabar, rendah hati, lemah lembut, sopan santun dan masih banyak lagi tauladan Rasul yang patut kita tiru dan tanamkan kepada anak-anak kita.

Menanamkan Karakter Anak Melalui 4 Sifat Rasulullah

Menanamkan Karakter Anak Melalui 4 Sifat Rasulullah

Di lain sisi tauladan Rasulullah yang patut kita tanamkan adalah sifat Rasulullah. Terdapat 4 Sifat Rasulullah yang juga patut kita tauladani, seperti : Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah.

Al-Quran Surat Al Ah Zab ayat 21 menyebutkan:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Yang artinya : "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah".

4 Sifat Rasulullah yang patut kita tanamkan dalam mewujudkan karakter anak

  1. Shiddiq
    Shiddiq yang artinya adalah jujur atau benar.
    Bukan sekedar perkataannya saja yang benar, tetapi juga perbuatannya juga benar. Sejalan dengan ucapannya.
  2. Amanah
    Amanah yang artinya benar-benar dapat dipercaya.
    Apabila suatu urusan diserahkan kepada seseorang, niscaya orang lain akan percaya bahwa urusan itu akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Karena Nabi Muhammad SAW memiliki sifat amanah tersebut, maka beliau dijuluki oleh penduduk Mekkah dengan gelar “Al Amin” yang artinya terpercaya jauh sebelum beliau diangkat jadi Nabi. Apapun yang beliau ucapkan kepada penduduk Mekkah, maka penduduk mekkah tersebut mempercayai apa yang beliau ucapkan karena beliau bukanlah orang yang pembohong.
  3. Tabligh
    Tabligh yang artinya menyampaikan.
    Sifat tabligh yang dimiliki oleh Rasulullah yaitu menyampaikan seluruh ajaran yang diterima dari Allah SWT berupa wahyu kemudian disampaikan kepada umat, bahkan hal terkecil sekalipun sehingga umat manusia mempunyai pedoman dan tuntunan dalam kehidupannya.
  4. Fathonah
    Fathonah yang artinya cerdas.
    Rasulullah SAW dikenal sebagai orang yang cerdas dan pandai, serta sangat arif dan bijaksana dalam mengambil keputusan yang didasari dengan pertimbangan dan pemikiran matang.
Sebagai orangtua, pendidik atau guru, mari kita dampingi anak-anak kita dengan menanamkan karakter anak melalui 4 sifat Rasulullah sejak dini agar anak lebih bertanggung jawab dan peka terhadap dirinya sendiri, teman dan bahkan lingkungan, sehingga menjadi anak yang sholeh maupun sholihah di masa depan*)

Share:
Location: Indonesia

3 comments:

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Kabar Terkini

14 Materi Diklat Penguatan Kepala Sekolah 2019

Contact Form

Name

Email *

Message *

hosting indonesia