Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

November 10, 2019

Menunggu Ruh RPP (Rencana Pelaksanaan Pendidikan) Mendikbud dari Mas Nadiem

Rasa was-was dan cemas guru dengan dilantiknya Nadiem Makarim yang maunya dipanggli dan atau disapa Mas ketika bertemu untuk menambah akrab.

Was dan cemas guru di tanah air itu bukan perkara beliau dilantik, tapi gebrakan apa yang akan beliau tampilkan dalam menghadapi kompleksitas pendidikan di era teknologi berkemajuan.

Menggabungkan history, adat, budaya, jaman, dan teknologi dalam menghadapi globalnya persaingan yang dikemas menjadi suatu hal perlu perencanaan matang. PR permasalahan Mas Nadiem dalam menentukan arah era baru pendidikan di Indonesia.

Dipanggilnya 22 organisasi guru dan komunitas guru tanggal 4 November 2019 lalu menjadi pendekatan dan penyampaian pandangan untuk memecahkan solusi-solusi dari berbagai permasalahan pendidikan sebelum diputuskan melalui sistem pendidikan terbarukan.

Tak segampang menentukan atau membuat ruh rencana pelaksanaan pendidikan diputuskan akan dibawa kemana dan dalam rencana mempersiapkan menghadapi apa pendidikan kedepannya. Karena pendidikan merupakan sebuah proses. Jika tidak, dunia pendidikan kedepan pasti akan merasa tertinggal dan tersisih.

Tak hanya jabatan pengawas, sekolah, guru, siswa, stakeholder yang ada masuk dalam usulan atas dipanggilnya 22 organisasi guru dan komunitas, tak luput juga mapel dan kurikulum. Apakah ada perubahan dalam sistem pendidikan?


Gebrakan seperti apa dari Mas Nadiem kedepan?

Membaca berita yang katanya beliau tidak bermedsos, padahal beliau adalah pendiri dari Go-Jek, sebuah transportasi terbesar dan penyedia jasa berbasis dalam jaringan yang sudah booming di tanah air.

Hiruk pikuk permasalahan dilapangan pada daerah minus peserta didik dan kurangnya guru saat ini juga menjadi permasalahan, penyampaian guru-guru dengan kondisi saat ini bahwa guru mayoritas pegang gawai dan dituntut sedikit lebih maju seperti itu akan disampaikan dalam medsos Mas Nadiem seperti apa agar cepat tersampaikan.

Sebentar lagi akan ada hari Guru yang tiap tahun dilaksanakan tanggal 25 November, kata sambutan apa yang akankankah disampaikan dalam menjawab masalah dengan dipanggilnya 22 organisasi dan komunitas guru tersebut juga akan disinggung nantinya.

Menunggu Ruh RPP dari Mas Nadiem?

Diyan Shodik
Guru SD Negeri Bantengputih
Kec. Karanggeneng - Kab. Lamongan
10 November 2019

Share:

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Kabar Terkini

Cara Backup dan Restore Database PMP Offline 2019

Contact Form

Name

Email *

Message *

hosting indonesia