Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

December 1, 2019

Cara Backup dan Restore Database PMP Offline 2019

Cara Backup dan Restore Database PMP Offline 2019 - Dengan dirilisnya Aplikasi EDS PMP 2019 yang merupakan program dari Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah sebagai sarana pemetaan mutu sekolah. Maka masing-lembaga jenjang satuan wajib menyusun Tim Pelaksana Penjaminan Mutu Pendidikan Tingkat Sekolah melalui Surat Keputusan Kepala Sekolah.

SK Tim Pelaksana Penjaminan Mutu Pendidikan Tingkat Sekolah ini dibuat sebagai arahan dan pelibatan sekolah seluruh komponen dalam mendukung program pemetaan mutu pendidikan yang mengintegrasikan seluruh data melalui instrumen sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. (Simak: SK Tim Pelaksana PMP Jenjang SD dan SK Tim Pelaksana PMP Jenjang SMP).

Sejak di rilis mulai tanggal 11 Nopember 2019 yang dimulai menggunakan EDS Online, maka pada minggu selanjutnya di rilis juga aplikasi Versi EDS PMP Offline. Pada media offline tersebut yang hingga saat ini masih banyaknya kendala berupa singkronisasi data. 

Proses singkronisasi tersebut merupakan kendala utama yang dialami oleh Operator Sekolah atau yang menangani perihal penginstalan dan pengiriman EDS PMP Offline, maka Admin Guru Literasi melihat proses pengerjaan atau proses pelaksanaan pada Evaluasi Pengisian EDS PMP Offline 2019.

Seringnya maintenence menjadikan kekhawatiran tersendiri bagi Operator Sekolah atau yang menangani aplikasi EDS PMP Offline tersebut jika data yang telah di inputkan oleh masing-masing responden baik Kepala Sekolah, Guru, Peserta Didik, dan Komite mengalami kendala jika terjadi sesuatu hal, mengingat rilisnya Patch PMP 2019.21.

Untuk itu diperlukan sedikit pengamanan pada Aplikasi EDS PMP Offline yang telah di isikan yang dengan Cara Backup dan Restore Database PMP Offline 2019.

Langkah untuk membackup data tersebut cukuplah mudah. yakni dengan cara:


  1. Masuk pada sistem. Klik tombol Windows + R.
  2. Tuliskan: services.msc kemudian tekan Enter atau OK.
  3. Scrol ke bawah dan cari grid yang bertuliskan PMPDB.
  4. Klik PMPDB tersebut kemudian tekan Stop.
  5. Langkah selanjutnya, masuk pada Program Files di Drive C.
  6. Cari File yang bertuliskan EDSDikdasmen, pilih database.
  7. Copy file tersebut dan simpan.
  8. Jika sudah, kembali pada services.msc, klik PMPDB dan tekan start.
Untuk merestore database PMP yang sudah dibackup juga sangat mudah, tinggal mengcopy dan mempastekan saja sebagaimana cara membackup diatas.

Pastikan jika merestore data tersebut laptop sudah dalam kondisi terisntal Aplikasi Dapodik dan Aplikasi EDS PMP Offline.

Selamat mencoba. Cukup simple bukan.(DS)

Share:

2 comments:

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Kabar Terkini

Cara Backup dan Restore Database PMP Offline 2019

Contact Form

Name

Email *

Message *

hosting indonesia