Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

March 26, 2020

Apa Yang Dapat Kita Sampaikan Ke Peserta Didik Tentang Covid 19

Sebagai bahan Literasi Informasi pembelajar bagi Bapak atau Ibu Guru dalam memahami yang sedang terjadi saat ini karena mewabahnya sebuah virus yang terjadi di tahun 2019 hingga menjadikan sebuah pandemi global.

Semua negara tidak hanya di negara asalnya yang saat ini mewabah dikarenakan Covid-19 di Negara kita Indonesia juga sedang memeranginya agar dapat memutus rantai penyebaran yang semakin banyak sehingga Guru di setiap jenjang dapat menyikapi dan menyampaikan kepada peserta didik baik jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas hingga Perguruan Tinggi maupun dapat menyampaikan kepada masyarakat ingkungan sekitar.

Dinyatakan Pandemi oleh WHO dikarenakan semakin global tingkat penyebarannya yang terjadi sejak kasusnya di tahun 2019 dan hingga kini yang tak kunjung reda bahkan semakin banyak pasien yang meininggal akibat terjangkit Virus Corona.

Apa Yang Dapat Kita Sampaikan Ke Peserta Didik Tentang Covid 19

Apa Yang Dapat Kita Sampaikan Ke Peserta Didik

Untuk tahu pasti, Bapak atau Ibu Guru dapat secara gamblang menyampaikan kepada peserta didik Tentang Covid 19, Apa Itu Covid 19, Awal Mula Covid 19, Bagaimana Gejalanya, Cara Penularan Hingga Pencegahan.

Apa Itu Covid 19 atau Corona Virus Disease

Corona Virus Disease atau Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 (Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 yang dalam Bahasa Indonesia adalah koronavirus sindrom pernapasan akut berat 2).

Bagi penderita Corona Virus Disease atau Covid-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernapas. Sehingga Si Penderita mengalami sakit tenggorokan dan pilek, atau bersin-bersin yang lebih jarang ditemukan. Penderita yang paling rentan dapat berujung pada pneumonia atau radang paru-paru dan terjadi kegagalan pada multiorgan.

Infeksi penyebaran atau penularan dapat menyebar dari satu orang ke orang lain melalui percikan air (droplet) dari saluran pernapasan yang sering dihasilkan ketika saat batuk atau bersin. Secara klinis rentang waktu dari infeksi virus dari penderita yang menularkan hingga timbulnya gejala berkisar antara 1 hari sampai dengan 14 hari dengan rata-rata 5 hari dapat di identifikasi gejala awalnya.

Awal Mula Covid 19

Awal mula Corona Virus Disease atau Covid-19 pertama kali diidentifikasi di kota Wuhan, di Provinsi Hubei Cina pada Bulan Desember Tahun 2019.

Corona Virus Disease atau Covid-19 telah menyebar ke berbagai negara di dunia, termasuk juga di Indonesia. Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyatakan nama resmi sebagai Covid-19 pada bulan Februari 2020.

Bagaimana Penderita Gejala Covid 19

Awal mula penderita yang mengalami Corona Virus Disease atau Covid-19 dapat dilihat secara umum adalah batuk kering, demam, dan sesak napas.

Diperkirakan bagi yang mengalami gejala awal secara umum seperti batuk kering, demam, dan sesak napas dapat muncul antara 2 sampai 14 hari setelah paparan, jika ada kasus penderita yang terisolasi menunjukkan hal-hal tersebut bisa jadi akan terisolasi mungkin lebih lama.

Menurut penelitian yang telah diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine pada 10 Maret 2020, bahwa masa periode inkubasi rata-rata diperkirakan 5 hari, dan hampir semua ( 98%) pasien yang telah terinfeksi akan mengalami gejala dalam 12 hari.

Jika penderita mengalami gejala tersebut, maka penderita harus tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran penyakit ke masyarakat. Gunakan masker untuk membantu pencegahan penyebaran penyakit ke orang lain.

Cara Penularan Covid 19

Bapak atau Ibu Guru dapat menyampaikan kepada peserta didik, keluarga, masyarakat dan lingkungan sekitar tentang Cara penularan Corona Virus Disease atau Covid-19.

Penularan Corona Virus Disease atau Covid-19 dapat terjadi melalui:
  1. Pernapasan, ketika orang bersin, batuk yang air ludahnya dapat menempel ke orang lain.
  2. Kondisi batuk atau bersin di dalam ruangan.
  3. Menyentuh permukaan penderita secara langsung kemudian kita menyentuh mata, kulit, hidung atau mata.
  4. Bersentuhan secara langsung.

Tindak Pencegahan Covid 19


Bapak atau Ibu Guru Literasi, dari beberapa paparan dan berita dapat kami himpun beberapa tindak pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya penularan atau penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19, diantaranya:
  1. Cuci tangan secara teratur dan menyeluruh dengan sabun dan air selama 20 detik atau gunakan pembersih tangan berbasis alkohol (setidaknya 60%).
  2. Hindari kontak dengan orang lain yang sakit
  3. Hindari menyentuh mulut, hidung, mata atau wajah.
  4. Tutup ketika batuk dan bersin dengan tisu atau lakukan dengan menutup ke siku.
  5. Bersihkan permukaan lantai atau tembok dinding dengan disinfektan (larutan pembersih berbasis alkohol atau pemutih paling cocok untuk coronavirus)
  6. Masker wajah tidak akan melindungi kita dari Covid-19, tetapi akan membantu mencegah penyebaran penyakit ke orang lain.
  7. Lakukan jarak berinteraksi sosial, kurang lebih jaraknya 1 sampai 2 meter antar orang per orang saat berada di kerumunan.
Dengan yang telah dipaparkan meski kurang begitu rinci maka Apa Yang Dapat Kita Sampaikan Ke Peserta Didik Tentang Covid 19 dapat menambah wawasan peserta didik tentang mewabahnya Corona Virus Disease atau Covid-19.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Kabar Terkini

Cek Nomor Regristasi Kepala Sekolah

Contact Form

Name

Email *

Message *

hosting indonesia