Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

April 3, 2020

Cary Over Dana Tunjangan Sertifikasi Guru Tahun 2019 Dibayarkan Tahun 2020

Cary Over Dana Tunjangan Sertifikasi Guru Tahun 2019 Dibayarkan Tahun 2020. Kemungkinan besar demikian sebagaimana informasi yang disampaikan oleh Nazarudin Kompeten, salah satu Admin GTK.

Melalui channel youtubenya demikian (Simak sumber: https://www.youtube.com/watch?v=oNCl5Rp_aS8) jika tidak ada kendala maka tunjangan sertifikasi guru yang tertunda dan masuk dalam daftar cary over akan dibayarkan di tahun anggaran 2020.

Apalagi banyak dari guru maupun kepala sekolah yang berasal dari lembaga swasta yang diangkat oleh yayasan hingga sampai saat ini belum menerima dana tunjangan sertifikasi triwulan 4 untuk bulan Oktober, November, dan Desember di tahun anggaran 2019.

Oleh karena itu, sebagai bahan literasi informasi bagi kepala sekolah atau guru tetap yayasan atau guru yayasan yang belum menerima tunjangan sertifikasi triwulan 4 tahun 2019 dapat menjadikan sumber diatas sebagai bahan informasi guru.

Entah apa yang menjadi penyebabnya, apakah masalah tersebut berkaitan dengan rekening guru penerima dana tunjangan sertifikasi dikarenakan rekening tidak aktif dengan saldo nol rupiah sehingga di tutup otomatis oleh bank sehingga pemilik rekening lupa untuk melakukan pengisian ulang agar terdapat saldo ataukah disebabkan karena SKTP terlambat terbit.

Bisa jadi! Untuk itu cek kembali saldo rekening Bapak atau Ibu Guru penerima tunjangan sertifikasi.

Cary Over Dana Tunjangan Sertifikasi Guru Tahun 2019 Dibayarkan Tahun 2020

Jika tunjangan sertifikasi guru di tahun yang sama (Tahun Anggaran 2019) maka pembayaran langsung diajukan ulang, tetapi jika sudah sudah beda tahun anggaran (Tahun Anggaran 2020), maka dana tunjangan sertifikasi guru akan di proses pada tahun berikutnya dengan mekanisme cary over.

Cary Over

Cary over adalah pembayaran tunjangan profesi guru yang sudah terbit SKTP namun belum bisa dibayarkan. Cary over disebabkan karena administrasi, misalnya: rekening mati, salah ketik rekening, belum punya rekening, salah nama pada rekening dan lain sebagainya.

Inti pokok bahasanya adalah dana tunjangan sertifikasi gagal masuk ke rekening penerima tunjangan sertifikasi.

Jika masalah rekening mati maka akan terjadi retur dan uang pembayaran tunjangan sertifikasi akan kembali ke kas negara dan pihak pengelola akan mengajukan ulang proses pembayarannya.

Bagi guru yayasan yang statusnya Bukan Guru Pegawai Negeri Sipil (GBPNS) maka status pembayarannya dilakukan oleh pusat, beda dengan PNS yang statusnya pembayarannya dilakukan oleh daerah.


Simak juga: Pengadaan Barang atau Jasa Satuan Pendidikan Permendikbud No 14 Tahun 2020

Cary Over Kordinasikan dengan Operator Simtun Dinas

Cary Over Dana Tunjangan Sertifikasi Guru Tahun 2019 bagi guru yayasan atau guru tetap yayasan yang belum menerima sisa di triwulan ke 4 untuk bulan Oktober, November, dan Desember, dapat berkordinasi dengan Operator Simtun Dinas masing-masing Kabupaten atau Kota diwilayahnya.

Langkah kordinasi ke Operator Tunjangan Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota dilakukan agar data cary over dapat disampaikan ke pengelola tunjangan yang berada di pusat untuk segera di proses cary overnya pada tahun berikutnya atau di tahun anggaran 2020.

Tunjangan Sertifikasi Cary Over Hilang atau Hangus

Apakah tunjangan sertifikasi hilang atau hangus?
Tunjangan sertifikasi tidak akan hilang atau hangus selama data guru atau kepala sekolah tersebut sudah terbit SKTP dan akan tetap dibayarkan meski tidak tepat waktu.

Simak juga: SK Inpassing Tahun 2019 Terbit Segera Cek Info GTK


Simpan Info GTK Cary Over Dana Tunjangan Sertifikasi Guru Tahun 2019

Sebagai bentuk jaga diri jika nanti ketika berkordinasi ke Operator Tunjangan Dinas di masing-masing Kabupaten atau Kota apa yang perlu kita bawa.

Untuk itu, jangan sampai hilang Info GTK Guru yang belum cair di triwulan ke 4 untuk bulan Oktober, November, dan Desember Tahun 2019 atau Periode Juli-Desember 2019 di Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.

Lantas bagaimana jika belum sempat menyimpan data tersebut?

Simak langkah-langkah berikut:
  1. Buka laman Info GTK atau klik tautan berikut: https://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  2. Klik Info GTK 20192 Periode Juli-Desember 2019 di pojok kanan atas.
  3. Masukkan email, password, dan kode pada Login Validasi Data Guru
  4. Tekan Login
Setelah laman Info GTK terbuka, simak Status Tunjangan Profesi kemudian scroll ke bawah pada Status Pembayaran. Lihat Bulan Oktober, November, dan Desember. Lihat No. SPM, No. SP2D, Tanggal SP2D, Jumlah Sebelum Pajak, dan Status apakah sudah disalurkan.

Jangan lupa simpan Info GTK tersebut sebagai arsip jika status pembayaran Cary Over Dana Tunjangan Sertifikasi Guru belum dicairkan sebagai bentuk jaga-jaga diri. 

Share:

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Kabar Terkini

Gaji Ke-13 PNS Mungkin Cair Pertengahan Agustus 2020

Contact Form

Name

Email *

Message *

hosting indonesia