Wahana Guru Berbagi Informasi Pendidikan

Tentang Blog

Untuk turut berpartisipasi dan berkiprah dalam dunia pendidikan pada era 4.0, maka Guru Literasi ini hadir sebagai wadah untuk saling berbagi dan bertukar informasi dalam mewujudkan kemampuan untuk mengidentifikasi, menentukan, menemukan, mengevaluasi, menciptakan secara efektif dan terorganisasi, menggunakan dan mengomunikasikan informasi untuk mengatasi berbagai macam persoalan perkembangan pendidikan dari waktu ke waktu sehingga bentuk permasalahan dapat terselesaikan secara bersama-sama.

Literasi sendiri merupakan kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi pencitraan media, sebagai bentuk era pendidikan yang semakin maju maka keutuhan dan kemenyeluruhan (holistik), keterpaduan (terintegrasi), keberlanjutan (sustainabilitas), kontekstualitas, dan responsif dapat dijadikan bahan referensi untuk mencari informasi agar lebih mudah untuk dapat diakses secara menyeluruh.

Guru dan orang tua merupakan garda terdepan dalam proses literasi utamanya literasi digital. Menjamurnya gawai yang bermunculan semakin mudah di akses di khalayak umum dan untuk mendorong itu semua dibutuhkan pengawasan baik di lingkungan sekolah maupun di rumah, penekanan utamanya dengan mengoptimalkan pemanfaatan konten positif dan menyaring konten negatif, karena guru dan orang tua merupakan benteng utama dalam membendung pengaruh negatif bagi anak.

Tantangan tersendiri bagi guru saat ini adalah dengan mengoptimalkan perkembangan diri pribadi untuk memiliki kemampuan ber-Information technology (IT) baik itu membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan atau menyebarkan informasi semenarik mungkin karena perubahan saat ini nyata menuju era digital yang serba efektif dan efisien.

Dengan melalui Blog Guru Literasi, harapan Admin adalah menjadikan blog ini sebagai salah satu akses wahana guru untuk berbagi dan bertukar informasi sehingga dapat dijadikan bahan referensi untuk memicu dan memacu guru dalam ikut serta meyongsong pesatnya pendidikan yang semakin modern di era 4.0.

Dalam Blog Guru Literasi ini, terdapat beberapa fitur-fitur label yang memudahkan untuk mencari apa saja yang dibutuhkan, seperti:

  1. Literasi Guru
    Meliputi: Buku Guru, Buku Panduan, dan Perangkat Pembelajaran.
  2. Literasi Siswa
    Meliputi: Buku Siswa.
  3. Literasi Informasi
    Meliputi: Informasi dan Peraturan.
  4. Downloads
    Meliputi: Aplikasi dan Kalpendik.
  5. Bank Soal.
  6. Artikel.
  7. Media Pembelajaran.
Salam, Admin Guru Literasi.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

Kabar Terkini

7 Orang Pertama Masuk Islam

Contact Form

Name

Email *

Message *

hosting indonesia